Blog

Mulai dengan BERANI MENCOBA

2 October 2016

Teman-temanku yang baik-baik, ku ingin berbagi cerita (sekalian belajar nulis) moga ada gunannya ya..

Kata orang, menceritakan pengalaman pribadi adalah hal yang paling gampang dan mengasikan, oleh karena itu, sebagai pelajaran awal ku menulis ini, ku akan berbagi pengalamanku di bidang karikatur

Bagi teman-teman yang sudah pernah berkunjung ke www.kaliaja.com pasti anda mengira ku sejak awal dah bisa gambar atau membuat karikatur, padahal karikatur digital adalah sebuah ketidaksengajaan. Pada awalnya ku memang punya impian suatu saat bisa menjadi illustrator di surat kabar/majalah. Karena saat ku baca buku ato baca koran, yang paling pertama kali ku cari adalah gambar nya.apalagi gambar lucu.ku pasti sangat menikmatinya.

Lama ku pendam impian itu, dan akhirnya pada tahun 2006, ku mulai memberanikan diri menggambar cerita lucu/humor dan membuat sebuah bulletin generasi muda Hindu di Jogja bersama seorang teman yang bernama Agus Eka Cahyadi, bagi teman-teman yang pernah tinggal di Jogja antara tahun 2006-2008 an dan rajin ke pura, pasti pernah menemukan media JAYAPANGUS. Ya..Jayapangus itulah cikal bakal keseriusanku belajar gambar. Ternyata sambutan masyarakat akan Jayapangus(JP) begitu besar, mungkin karena tampilan JP beda dari media yang lain, karena JP tampil dengan dominasi kartun lucu namun sarat makna,sehingga semua kalangan bisa menikmati. Setelah berhasil mewujudkan JP, ku akhirnya diajak bergabung di majalah antar iman SULUH Jogja. Tugasku di bagian ilustrasi dan cover, betapa senangnya karena impian mulai terwujud, gambarku mulai masuk majalah. Kemudian sempat juga mendesain jurnal Ombudchmen Jogja yang bentuknya seperti buku. Jadi saat itu impianku bisa memasukan gambar ke majalah dan buku dah mulai terwujud. Namun semua itu harus kuakhiri seiring selesainya Ku menimba ilmu di jogja. Ya ku pulang kampong ke Bali dan mulai gak bisa aktif di bidang tadi.

Lama-lama ada rasa kangen akan dunia gambar seperti di Jogja dulu, akhirnya ku mulai gambar lagi, namun medianya kini dah ke Blog. Ku masih ingat banget tanggal 1 Oktober 2008 ku menemukan kata “KALIAJA” dalam perjalanan pulang dari kundangan seorang teman baik di depan makam pahlawan Margarana. Nama kaliaja sebenarnya sebuah ungkapan kemunginan karena saat itu masih bingung /ragu juga pada hasil yang akan diraih saat memulai membuat blog. Intinya ”JALAN AJA LAH”…KALIAJA Laku, Kaliaja di terima, kaliaja lucu dll, maka oktober 2008 lahirlah www.kaliaja.blogspot.com

Sebuah blog yang isinya gambar gambar lucu. Memiliki blog juga sebnarnya impian sejak lama, dah lama pengen punya blog , namun kemampuan nulis terbatas, jadilah blog ku isinya gambar semua.

Kehadiran blog ku cukup diterima , namun ada teman bilang alamat nya kepanjangan, coba langsung.com pasti lebih mudah diingat. Akhirnya berusaha mencari info bagaimana caranya membuat website. Eh akhirnya nemu webmatic yang semudah blog namun alamat sudah langsung.com . maka tanggal 18 Agustus 2009 lahirlah www.kaliaja.com .Setelah web kaliaja.com jadi. Pengunjung mulai banyak datang, dan aku pun mulai mencoba membuat kartun langsung di komputer. Akhirnya ada 2 orang teman smp yang minta tolong dibuatkan karikatur.

Saat itu kutolak, karena memang ku gak bisa, gak pernah buat dan gak PD. Namun setelah kupikir, degan tehnik yang kupakai saat itu untuk gambar kartun,kayaknya bisa juga dipakai untuk membuat karikatur. Akhirnya kuberanikan diri mencoba membuat karikatur dengan model pertama adalah evi damayanti, teman sma ku. Walo sebnarnya hasilnya gak begitu bagus, namun ku merasa itu adalah awal yang sangat luar biasa.

Ku sangat terbantu oleh Facebook, karena FB lah orang jadi cepat tahu kalo kubisa buat karikatur, akhirnya sekarang karikatur adalah bagian dari hidupkum dan ku banyak merasakan perubahan hidup berkat karikatur. Andai dulu u gak berani ambil tindakan mencoba, mungkin saat ini ku masih hanyalah seorang pemimpi

Jadi bagi teman teman yang masih ragu-ragu dalam melakukan tindakan, belum berani mencoba karena merasa belum siap dll, COBA LAH SEGERA..

”CARILAH HASIL, JANGAN KESEMPURNAAN”

Bukankah saat Soekarno memproklamirkan kemerdekaan dulu, Kita belum punya apa-apa? Yang penting merdeka dulu(BENARI DULU MEMULAI) urusan lainnya bisa dipelajari sambil jalan.

Semoga tulisan ini bermanfaat

Salam sukses

Wahyu